`

Tempat Asik, Sejarah Baru

12.13




Foto : Museum Nasional Indonesia
Banyak cara yang  bisa dilakukan untuk memenuhi pengetahuan kita akan sejarah Indonesia. Mulai dari lingkungan , tempat ibadah,  pendidikan yang diberikan di sekolah-sekolah/univ/institusi sampai dengan tempat-tempat peninggalan sejarah atau museum. Banyak orang beranggapan bahwa pergi ke museum adalah hal yang membosankan. Tapi tidak sedikit, yang berfikir bahwa museum merupakan tempat yang tidak kalah menariknya dengan mall-mall yang berada di Jakarta.
Hal itu akan kita rasakan pada salah satu museum di Jakarta, yaitu Museum Nasional Indonesia. Demi menunjang sarana dan prasarana yang baik serta meningkatkan minat masyarakat untuk pergi ke Museum Nasional Indonesia, Kepala Museum Nasional Indonesia, Intan Mardiana  selalu memiliki program-program unggulan.

Salah satu yang dilakukan oleh Museum Nasional Indonesia baru-baru ini untuk meningkatkan minat masyarakat, khususnya para remaja adalah dengan menggandeng komunitas Indonesia Heritage Society pada peringatan Festival Hari Museum Internasional dan 237 Tahun Museum Nasional Indonesia. Festival diselenggarakan dengan melakukan sosialisasi, promosi, serta hiburan kepada masyarakat. Festival terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu lomba gerak jalan, kids fashion show, paduan suara, pembuatan film pendek, dan workshop mainan dan permainan tradisional, serta bazzar. Rangkaian festival diakhiri dengan acara puncak atau Gebyar Festival.

Dengan diadakannya program acara ini, minat para remaja untuk pergi ke museum cukup tinggi, mereka bisa menikmati serangkaian program yang dibuat sambil belajar mengenai sejarah di Museum Nasional Indonesia. Program ini juga dirasa penting karena dapat merubah presepsi masyarakat, khususnya remaja bahwa pergi ke museum bukanlah sesuatu yang membosankan. Selain kita bisa belajar sejarah, kita juga bisa mendapatkan berbagai inspirasi, hal apa yang bisa kita lakukan untuk kedepannya.

Museum Nasional Indonesia juga membuka café corner untuk lebih meningkatkan sarana dan prasarana yang ada. Sehingga diharapkan dapat lebih menarik minat masyarakat untuk datang ke museum. Sambil menikamati jajanan café, para remaja juga bisa berdiskusi atau ngobrol-ngobrol santai dan berfikir bahwa tidak ada salahnya jika yang biasanya mereka berkumpul atau janjian disuatu tempat yang asik dan menyenangkan adalah mall, maka kali ini mereka akan memilih untuk janjian di museum.

Foto : Cafe di Museum Nasional
Museum Nasional Indonesia dapat memberikan pola pikir yang berbeda mengenai pandangan kita terhadap museum. Selain tempatnya yang bersih, sarana dan prasarana yang mendukung, serta terawatnya peninggalan-peninggalan sejarah menjadi point utama dalam program Museum Nasional Indonesia untuk terus mengembangkan pelestarian akan sejarah Indonesia. Belajar sejarah memang penting, tapi akan menjadi sejarah baru jika kita bisa menjadikannya salah satu tempat favorite untuk dikunjungi.


- Ditha Ayuandini -

You Might Also Like

3 comments

  1. "Tempat asik, sejarah baru". Setuju banget! Kita sebagai anak muda harusnya bisa lebih menghargai museum-museum yang ada di Jakarta.

    BalasHapus
  2. Terima kasih untuk komentarnya:) Sering-sering kunjungi blog kami ya untuk mengetahui informasi terkini dari museum nasional

    BalasHapus

Popular Posts

Subscribe

.

.