`

Mari Ke Museum Gajah

21.56

Foto Museum Nasional Indonesia 
Bangunan musuem banyak tersebar di Indonesia khususnya kota Jakarta. Museum juga menjadi salah satu tempat pilihan bagi warga kota Jakarta untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Letak museum yang tersebar hampir merata di seluruh bagian wilayah Jakarta dan harga tiket masuk yang sangat terjangkau merupakan alasan mengapa warga Jakarta ingin pergi mengunjungi museum.

Foto : Maskot Museum Nasional Indonesia
Museum sejarah Jakarta, museum wayang, museum tekstil, museum seni rupa dan keramik, museum nasional, itu semua adalah beberapa museum yang terletak di Jakarta. Dan diantara nama-nama museum tersebut terdapat satu museum yang menarik perhatian karena museum ini memiliki sebutan lain yakni "museum gajah". Museum ini terletak di Jalan Medan Merdeka Barat 12, Jakarta Pusat, tidak jauh dari Monumen Nasional (Monas). Museum Nasional atau Museum Gajah merupakan museum pertama terbesar di Asia Tenggara yang didirikan pada 24 April 1778, bersamaan dengan dibuatnya organisasi Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang bertujuan melakukan riset-riset ilmiah di Hindia Belanda. Alasan mengapa museum ini juga dikenal dengan nama "museum gajah" karena pada tahun 1871, Raja Chulalongkorn yang berasal dari Thailand berkunjung lalu memberikan sebuah patung gajah yang terbuat dari bahan perunggu. Patung tersebut kemudian diletakkan di halaman depan museum sehingga orang-orang menyebut museum ini sebagai museum gajah.

Di dalam museum nasional yang memiliki bangunan bergaya Klasisme ini, terdapat 140.000 buah (berdasarkan informasi terbaru) benda-benda kuno seperti prasasti, arca, dan benda kerajinan yang berasal dari seluruh Nusantara. Benda-benda yang menjadi koleksi museum nasional berasal dari beberapa kegiatan yakni penggalian arkeologis, pemberian dari jaman Belanda, dan juga pembelian.

Foto : Gedung Baru Museum Nasional Indonesia
Bangunan yang ada di museum nasional terbagi menjadi dua, yaitu bangunan lama dan bangunan baru. Di dalam bangunan lama, terdapat koleksi patung serta arca baik disepanjang lorong maupun di taman innercourt  atau halaman tengah. Sementara pada bangunan baru atau disebut juga dengan gedung arca, terdapat benda-benda yang merupakan koleksi peninggalan prasejarah dan arkeologi.

- Dara Dwitya Kristianti - 

Sumber :

You Might Also Like

3 comments

  1. Bagus tulisannya bisa untuk refrensi main di jakarta sekaligus tambah pengetahuan benda" sejarah peninggalan zaman dulu. Danke :)

    BalasHapus
  2. Nice ! Thanks infonya bisa jadi destinasi yang edukatif untuk dikunjungi.

    BalasHapus
  3. Terima kasih kembali Berliana dan Nabila:) Sering-sering kunjungi blog kami ya untuk mengetahui informasi terkini dari museum nasional

    BalasHapus

Popular Posts

Subscribe

.

.