`

Apa Harapan Mereka?

19.16

Foto : Pengunjung Museum Nasional
Meski hingga saat ini masih banyak yang mempersepsikan bahwa museum sebagai tempat peninggalan sejarah, namun pada dasarnya museum merupakan sarana untuk mengembangkan budaya dan peradaban manusia. Berdasarkan survei, banyak yang memandang bahwa museum merupakan bangunan yang kusam, tua, dan kotor serta jauh dari ketertarikkan untuk dikunjungi. Padahal jika kita lihat berdasarkan fungsinya, museum adalah tempat yang dapat menjelaskan budaya atau identitas suatu komunitas bahkan bangsa sekalipun. Anehnya, tidak ada yang menghubungkan kotor, tua dan kusamnya museum dengan cermin budaya suatu komunitas atau bangsa pemilik museum. Hanya saja perepsi masyarakat kurang terarahkan untuk melabelkan museum yang tidak berdaya menjadi tempat bersejarah yang berdaya guna sebagai ilmu pengetahuan sekaligus tempat rekreasi.

Hingga saat ini masih banyak museum-museum khususnya museum yang dikelola pemerintah masih dianggap tidak layak untuk dikunjungi karena merupakan bangunan yang kusam, tua, kotor, berdebu, dan menyeramkan. Namun jika kita tarik kesimpulan disini, masyarakat enggan mengunjungi museum tidak hanya karena kurang terawat kebersihannya saja, tapi juga kurangnya branding terhadap museum sehingga museum masih dikatakan sebagai tempat yang kuno dan kotor. Padahal dengan branding, museum dapat terangkat namanya sehingga masyarakat menjadi aware dengan keberadaan museum.  

Akhir kata, banyak masyarakat yang mengharapkan bahwa museum sebaiknya dirawat dan dijaga kebersihannya agar dapat dibudidayakan dengan baik, mereka juga berharap museum yang juga merupakan tempat pengoleksi sejarah sebaiknya dikembangkan melalui event-event yang berkaitan dengan museum, tidak terepas pula event-event yang menarik seperti konser, pameran, seminar, dan lain-lain yang dapat meningkatkan minat masyarakat terutama kaum muda dan pelajar sekolah yang selama ini jarang mengunjungi museum.

- Alvicki Srikaya Putri -

Video : Tanggapan-Tanggapan Pengunjung Terhadap Museum



You Might Also Like

3 comments

  1. Semoga orang-orang juga ikut serta untuk melestarikan museum, nggak cuma nikmatin aja dan minta ini itu, seenggaknya dimulai dari masyarakatnya dulu yang mulai sadar akan warisan budaya. Good article :)

    BalasHapus
  2. Hi ayu, terima kasih telah mengunjungi blog Mari ke Museum. Iya, sebagai warga negara yang baik, kita harus ikut serta untuk melestarikan kebudayaan yang ada, salah satunya dengan datang ke museum :)

    BalasHapus
  3. Indah nya sejarah Indonesia ada di Museum Nasional ya,

    BalasHapus

Popular Posts

Subscribe

.

.