`

Apa Sih Museum Itu?

10.03




Apa yang terbesit dipikiranmu ketika mendengar kata museum? Pasti banyak yang menjawab tempat bersejarah. Sebenarnya, museum merupakan nama kuil untuk sembilan Dewi Muse, anak-anak Dewa Zeus yang melambangkan ilmu dan juga kesenian (secara etimologi). Dan memang benar museum merupakan tempat bersejarah dimana dengan cara mengunjungi tempat ini, kita akan disuguhi berbagai macam informasi tentang benda-benda yang ada di dalamnya seperti benda-benda peninggalan sejarah dari abad SM (sebelum Masehi) sampai Masehi. Tapi selain itu, museum juga merupakan tempat yang didalamnya terdapat koleksi barang-barang seni seperti lukisan, patung, dan foto.

Dikutip dari definisi menurut ICOM (international Council of Museums) bahwa museum merupakan institusi permanen, nirlaba, melayani publik, lembaga terbuka, usaha pengoleksian, mengkoservasi, meriset, mengkomunikasikan dan memamerkan benda nyata kepada masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan dan kesenangan/wisata.

Perlu diketahui pula bahwa museum merupakan salah satu tempat wisata edukasi karena dengan berkunjung ke museum, kita akan mendapatkan ilmu mengenai museum dan segala hal yang terdapat didalamnya. Selain itu, kita juga akan mendapatkan kesenangan karena kita melakukan suatu perjalanan dan kunjungan yang sifatnya santai. Jadi, dengan memilih museum sebagai tempat wisata untuk menghabiskan waktu luang kita akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu mendapatkan informasi dan kesenangan. Namun pada kenyataannya, masih belum banyak orang yang berpikir kalau museum merupakan tujuan wisata yang tepat. Masih banyak yang menganggap bahwa museum adalah tempat yang membosankan karena sebagian besar hal yang berada di museum yaitu informasi yang tertulis. Pandangan bahwa museum adalah tempat wisata yang dipilih oleh orang-orang yang hanya menyukai sejarah itu masih ada. Tampilan museum yang sarat akan kesan tua serta kumuh juga menjadi faktor pendukung mengapa museum dianggap membosankan. 

- Dara Dwitya Kristianti - 


Tampak dalam Museum Nasional Indonesia


Koleksi Arca di Museum Nasional Indonesia

You Might Also Like

2 comments

  1. Setelah baca blog ini jadi pengen sering2 main ke museum :D

    BalasHapus
  2. Hallo astrid. Ayo sering-sering datang ke museum, ajak teman-teman kamu juga ya :) dijamin kamu akan mendapatkan banyak manfaat dengan pergi kesana.

    BalasHapus

Popular Posts

Subscribe

.

.