`

Sadar Lebih Awal Terhadap Museum

04.34

Foto : Museum sebagai sarana pembelajaran anak-anak sekolah
Dewasa ini, berwisata ke museum belum menjadi trend di kalangan masyarakat terutama di kalangan remaja. Menurut survey, 2 dari 10 masyarakat lebih memilih pergi ke mal, café, restoran, bioskop, dan tempat hang out  lainnya dibandingkan ke museum, bahkan mereka baru saja pertama kali mengunjungi museum. Sekalipun mereka datang ke museum, itu pun hanya untuk sekedar mengerjakan tugas baik dari sekolah maupun dari kampus. Padahal jika dilihat dari perspektif lain museum bisa dijadikan sebagai rekomendasi tempat yang paling menyenangkan sekaligus menambah ilmu pengetahuan. Berikut beberapa manfaat berwisata ke museum :

1.    Belajar dari masa lalu
Di museum kita dapat belajar banyak tentang sejarah. Benda-benda yang tersimpan di museum bukanlah benda yang biasa untuk dipamerkan. Benda-benda tersebut memiliki arti tersendiri. Kita dapat mengetahui dari mana benda-benda itu berasal sehingga dapat membuat kita lebih menghargai bahwa Indonesia kaya akan sejarah. Disinilah kita dapat belajar menghargai masa lalu untuk menghadapi masa depan.

2.    Menambah perbekalan wawasan
Pengetahuan dapat kita ketahui di mana saja dan kapan saja, namun jika berbicara tentang asal dari pengetahuan tersebut terkadang kita keliru dan menebak-nebak benda ini untuk apa, asalnya dari mana, dan lain-lain. Dibalik arti dari benda-benda bersejarah yang dipajang di museum itulah kita paham dan mengerti sehingga menambah perbekalan pengetahuan kita tentang asal usul dari benda-benda tersebut.

3.    Tempat hang out pecinta seni
Museum tidak hanya ajang untuk memamerkan benda-benda bersejarah saja, dibalik artistik bangunan hingga koleksi-koleksi benda bersejarahnya yang kaya akan nilai seni banyak para fotografer hingga kalangan pecinta social media mengabadikan foto-fotonya di museum karena memiliki nuansa seni yang berbeda. Maka dari itu tidak heran banyak para sutradara yang memilih membuat video klip atau film dengan atmosfer yang berada di sekitar museum atau di dalam museum. Jadi tidak ada salahnya jika Anda datang ke museum Anda bisa mengabadikan momen dengan angle-angle tertentu.

4.    Memancing imajinasi
Selain kita dapat mengabadikan foto-foto, menambah pengetahuan dan mengetahui sejarah, keberadaan koleksi-koleksi bersejarah dan artistik di museum dapat membuat kita seakan-akan berimajinasi tentang momen tertentu hingga tentang masa lampau. Otak kanan kita sedang bekerja dari daya tangkap visual. Disinilah kita dapat menyeimbangkan antara otak kanan dan kiri kita dari pengetahuan yang dibaca dan benda bersejarah atau bangunan yang dilihat secara langsung.

5.    Memiliki banyak teman

Tidak hanya café dan tempat hang out lainnya saja yang membuat kita dapat berinteraksi dan berkoneksi dengan orang banyak. Kini beberapa museum banyak yang menyediakan tempat pergelaran event-event seperti lukisan, dongeng anak, musik, wayang, seminar dan workshop bahkan memfasilitasi tempat tongkrongan seperti café dan Wi Fi di dalam museum. Jadi, apalagi yang Anda tunggu. Yuk… mari ke museum !

Foto : Museum sebagai tempat untuk berfoto
- Alvicki Srikaya Putri -

You Might Also Like

1 comments

  1. hmmm.. bener juga nih bisa nambah temen, bisa sharing-sharing kalau lagi ada event/pameran dan bisa juga nambah wawasan juga

    BalasHapus

Popular Posts

Subscribe

.

.